Pages

Minggu, 08 Januari 2012

NTB Yes!


Tak terasa kini NTB telah menginjak usia yang ke 53 tahun, dengan usianya yang sekarang semoga tidak membuat NTB untuk berhenti  berkarya.  NTB merupakan salah satu provinsi kepulauan yang cukup besar di Indonesia. Berbagai pulau besar dan kecil  turut menyusun wilayah NTB dengan kokoh hingga saat ini.  Disamping itu NTB juga tidak lepas dari berbagai aneka ragam budaya dan bahasa yang ada di dalamnya. Dibeberapa sudut wilayah NTB terdapat beraneka ragam tempat wisata yang tidak kalah jauh bila dibandingkan dengan tempat-tempat di Nusantara mulai dari air terjun, perkebunan, taman wisata dan yang paling membanggakan adalah wisata lautnya yang luar biasa. Selain itu nerngai tradisi yang masih kental juga bisa dirasakan di tempat ini.
Keanekaragaman budaya yang dimiliki NTB menjadi satu warna menarik yang menjadi identitas yang terus melekat. Berbagai budaya  seperti Bendang Beleq masih sering mewarnai kehidupan masyarakat. Gendang Beleq merupakan pertunjukan musik yang terdiri dari gendang, cemprang, gong dan lain-lain. Musik ini biasanya mengiringi dalam upacara adat yang biasa disebut nyongkolan atau nyondolan. Selain itu berbagai dialek bahasa juga akan kita temui di NTB. Hal ini menunjukkan betapa banyak kekayaan budaya yang dimiliki oleh NTB.
Selain itu yang patut disyukuri juga adalah keindahan alam yang terdapat didalamnya. Di usianya yang sekarang NTB masih memiliki beberapa tempat yang masih sangat alami dan indah. Salah satu tempat yang masih sering dikunjungi adalah Taman Nasional Gunung Rinjani  dimana tempat ini banyak dikunjungi para wisatawan baik local maupun mancanegara. Tidak cukup disitu, NTB juga penuh dengan dengan keindahan pantai dan lautnya. Hampir setiap hari kita bisa melihat banyak wisatawan mancanegara dan lokal memenuhi berbagai tempat wisata di NTB. Semua itu membuktikan bahwa NTB juga sangat berpotensi menjadi pusat pariwisata. Tidak menutup kemungkinan jika suatu saat nanti NTB akan menjadi pusat pariwisata dunia.
Berbagai tradisi yang masih dijalankan masyarakat NTB juga bisa menjadi daya tari pariwisata. Seperti saja halnya Desa Sade sebuah desa tradisional yang masih banyak diminati para wisatawan mancanegara. Suasana desa yang sangat natural masih sangat terasa meski dizaman modern seperti sekarang ini. Hal ini patut membuat beberapa masyarakat berdecak kagum dengan suasana yang dirasakan ketika berpetualang didesa ini. Masih banyak lagi tempat yang akan membuat kita tidak henti-hentinya mengagumi NTB.
Sebagai salah seorang putra daerah NTB saya merasa bersyukur ketika NTB menjadi saksi bisu perjalanan hidup saya hingga saat ini. Selain tempatnya, rasa persaudaraan yang masih erat dikalangan masyarakat terus melekat di hati. Karakter masyarakat yang patut dipertahankan dan terus ditingkatkan. Suasana ketika didaerah persawahan yang penuh dengan hamparan padi, udara yang segar di pagi hari serta masih banyak lagi hal lainnya yang tidak ada habisnya jika dipaparkan.
Terimaksih NTB semoga terus Berjaya, semoga di usia yang seperti ini tidak membuat kita untuk berhenti berkarya. NTB harus terus beprestasi dalam berbagai kompetisi. NTB akan tetap di hati sampai mati, sampai akhir dunia nanti kaulah kampung halaman kami. NTB yes!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar