Pages

Rabu, 11 Januari 2012

Trend yang Hedonis Dikalangan Mahasiswa


Mahasiswa merupakan generasi muda yang akan melanjutkan perjuangan suatu bangsa nantinya, merekalah yang akan menjadi tonggak perjuangan  dengan segala peran meraka. Mahasiswa juga dikenal sebagai agen pembawa perubahan di dalam kehidupan berbangsa dan negara. Keadaan suatu bangsa juga sangat dipengaruhi oleh keadaan generasi mudanya. Namun bagaimana jadinya jika para mahasiswa sebagai  generasi penerus semakin jauh dari tanggungjawab dan peran  mereka untuk bangsa.
         Saat ini gaya hidup mahasiswa cukup memprihatinkan. Ketika ada sebuah festival musik atau pameran aksesoris para mahasiswa berbondong-bondong hadir meski harus berdesak-desakan dan mengorbankan jam belajar mereka. Namun ketika diadakan kuliah umum atau seminar pendidikan sangat sedikit sekali yang berminat untuk datang. Padahal itu sangat penting buat mereka untuk menambah wawasan mereka agar semaikin sadar akan persaingan global saat ini. Bahkan mereka akan dekenal sebagai anak “cupu” dan tidak keren jika lebih menyukai ilmu pengetahuan dibandingkan nongkrong atau ngemall.
        Berbagai gaya hidup mahasiswa yang sangat dekat saat ini adalah ngemall, nongkrong di cafee, berburu berbagai aksesoris terbaru bahkan dugem sekalipun. Kita akan lebih banyak menmukan mahasiswa saat ini di mall, cafee-cafee atau tempat dugem dibandingkan dengan perpustakaan atau laboratorium. Mereka akan merasa bangga dan keren ketika mereka jarang ke perpustakaan atau update dengan aksesoris-aksesoris terbaru. Mereka juga lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk hal-hal yang tidak penting daripada memperdalam ilmu pengetahuan mereka.
       Ketika di kampus saja sebagian besar dari mahasiswa akan lebih banyak membicarakan trend fashion dan aksesoris terbaru daripada berdiskusi hal-hal yang ilmiah. Sungguh ironis memang saat ini mahasiswa semakin jauh dari harapan para pejuang terdahulu dan semakin dekat dengan kehidupan yang hedonis. Entah bagaimana nasib bangsa ini nantinya jika  generasi muda semakin digerogoti dengan kehedonisan. Generasi muda harus mulai membuka mata, jika negara-negara tetangga sudah melangkah jauh maka kita tidak boleh berdiam diri. Mahasiswa harus mengubah pandangan dan gaya hidup mereka agar tahu trend yang asyik namun lebih edukatif .Garuda menanti kepakan sayap kalian karena garuda tidak hanya di dada tapi juga harus terbang berkiprah di seluruh dunia.
            Mahasiswa harus berjuang maka negara akan terus berkembang, para pejuang akan senang serta ibu pertiwi tersenyum riang menyambut mentari bersinar terang. Garuda akan mengepakkan sayapnya dengan lantang dengan membawa merah putih yang cemerlang. Salam mahasiswa!

1 komentar: